JUPITER (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro)
Vol 9, No 1 (2024)

Analisis Proses Pembelajaran Blok Sistem Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Di SMK N 2 Sigli

Muhammad Nauval (Universitas Islam Negeri Ar-Raniry)
Sadrina Sadrina (Universitas Islam Negeri Ar-Raniry)
Mursyidin Mursyidin (Universitas Islam Negeri Ar-Raniry)
Musafir Musafir (Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Sigli)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2024

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan lembaga pendidikan yang menyelenggarakan proses sekolah menengah atas dengan tujuan mendidik siswanya menjadi ahli dalam bidang tertentu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran menggunakan sistem blok pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Kelas XI di SMKN 2 Sigli, Bagaimana Pengaruh Sistem Blok Terhadap Prestasi Belajar Kelas. jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental dan Quasy Eksperimental Design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 siswa yang terdiri dari 25 siswa kelas kontrol dan 25 siswa kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik berupa korelasi kausal/rasio pengaruh dengan model regresi sederhana dengan aplikasi statistik SPSS. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh pembelajaran blok sistem terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik, namun tidak terlalu signifikan, karena hasil perhitungan uji t diperoleh nilai t hitung sebesar 3,864, sedangkan t hitung sebesar 3,864. -tabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 2,060 yang diperoleh pada akhir perlakuan yaitu 77,72 untuk kelas eksperimen dan 74,40 untuk kelas kontrol.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JUPITER

Publisher

Subject

Education Engineering Other

Description

Focus and scope of the journal: Electronic Engineering Education Media Development and Learning Models of Electronic Engineering Education Evaluation and Assessment of Electronic Engineering Education Electronic Engineering Electromagnetic Field Robotic ...