Kepuasan pasien dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu hubungan dokter-pasien, brand image klinik atau rumah sakit dan empati tenaga medis. Faktor-faktor tersebut dapat menimbulkan persepsi pasien dan akan menjadi ukuran sejauh mana kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan yang diterimanya dari penyedia layanan berdasarkan pengalaman dibandingkan dengan harapan individu. Untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan kesehatan gigi di berbagai negara. Menggunakan metode pencarian literatur pada database Google Scholar dengan menerapkan kriteria PCC (Population, Concept, and Context) dengan pedoman PRISMA-ScR. Kriteria inklusi adalah artikel penelitian yang diterbitkan dalam 4 tahun terakhir dalam bahasa Inggris dan memuat teks lengkap. Data yang diekstraksi dianalisis secara deskriptif. Dari total 892 artikel, dipilih 6 artikel untuk digunakan dalam penelitian. Setiap artikel memuat kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan kesehatan gigi di beberapa negara. Tingkat kepuasan pasien sangat dipengaruhi oleh kualitas pelayanan kesehatan gigi. Persepsi kepuasan pasien didukung oleh nilai intrinsik dan ekstrinsik. Dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi tingkat kualitas pelayanan maka semakin tinggi pula tingkat kepuasan yang dirasakan pasien. Dari penelitian tersebut ditemukan bahwa tingkat kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan kesehatan gigi di berbagai negara berbeda-beda.
Copyrights © 2024