Jurnal Vokasi
Vol 8, No 1 (2024): Jurnal Vokasi (Maret)

IPTEK PENINGKATAN KOMPETENSI GURU SMKN 5 LHOKSEUMAWE DALAM MEMBUAT LAPORAN EVALUASI BELAJAR MENGGUNAKAN SPREADSHEET

Amir D (Politeknik Negeri Lhokseumawe)
Jamaluddin Jamaluddin (Politeknik Negeri Lhokseumawe)
Naziruddin Naziruddin (Politeknik Negeri Lhokseumawe)
Ariefin Ariefin (Politeknik Negeri Lhokseumawe)
Indrawati Indrawati (Politeknik Negeri Lhokseumawe)



Article Info

Publish Date
11 Mar 2024

Abstract

SMKN 5 Lhokseumawe  terletak dikelurahan Meunasah Kumbang, tepatnya di Jalan Rel Kereta Api nomor 5 Meunasah Mesjid Punteut, berjarak 2km dari Politeknik Negeri Lhokseumawe. SMKN 5 didirikan pada tanggal 28 April 2013, mengasuh 4 jurusan, yaitu jurusan;  akutansi keuangan, desain pemodelan, audio-video serta teknik listrik. Jumlah siswa pada ke-4 jurusan sebanyak 277 orang, dengan rincian; siswa pria sebanyak 159 orang dan  siswi perempuan sebanyak 86 orang. Rombongan belajar sebanyak 17 orang. Guru bertugas sebagai tenaga pendidik dan tenaga administrasi. Guru sebagai pendidik, bertugas memberikan pengajaran kepada peserta didik, sebagai tenaga administrasi, guru melakukan proses administrasi. Proses administrasi berupa membuat pelaporan hasil evaluasi kehadiran, hasil pembelajaran, perangkingan peserta didik.  Permasalahannya adalah proses evaluasi menyita waktu, apalagi jika siswa yang dievaluasi jumlahnya banyak dan menggunakan cara manual. Oleh sebab itu diperlukan proses evaluasi berbasis digital. Proses ini  memerlukan kompetensi tambahan, dalam menyusun laporan evaluasi hasil pembelajaran tersebut. Sayangnya tugas ini tidak didukung oleh kemampuan guru mengolah data berbasis digital, oleh sebab itu guru perlu diberikan keterampilan untuk meningkatkan  kompetensinya dalam membuat laporan evaluasi, seperti membuat penilaian harian, penilaian tengah semester, penilaian akhir  mata pelajaran, evaluasi akhir semester, perangkingan dan membuat roster anti bentrok dalam kegiatan PKM ini. Hasil pelatihan diperoleh bahwa kompetensi mitra meningkat dari hasil evaluasi pre-test dari posisi nilai sebesar 41,66 ke hasil evaluasi post-test dengan nilai sebesar 96,67. Tingkat kepuasan dengan indeks persepsi, berada pada rentang 4,0 sampai dengan 4,83 dengan kategori sangat memuaskan. Tingkat partisipasi mitra 100% diukur dari kehadiran yang menunjukkan mitra sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

vokasi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Social Sciences

Description

Jurnal Vokasi mempublikasikan artikel ilmiah dari hasil Penerapan IPTEKS dan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan scope pengabdian bidang teknik dan sosial. ...