Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca yang di perlukan siswa sebuah metode pembelajaran yang menarik bagi siswa agar lebih bersemangat dan termotivasi untuk mengikuti proses pembelajaran. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan membaca tersebut adalah dengan menggunakan metode CIRC. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan metode CIRC. Hasil penelitian menjelaskan bahwa peningkatan kemampuan membaca pada siswa kelas XI IKM C rata-rata skor nilai peningkatan kemampuan membaca meningkat pada prasiklus 72,46 menjadi 79,75 setelah diadakan tindakan siklus 1. Pada akhir tindakan siklus 2, rata-rata yang diperoleh siswa mencapai 84,82. Adapun KKM yang ditentukan sebesar 75, pada kegiatan prasiklus siswa yang mencapai KKM 11 orang siswa atau 39,3%, selanjutnya pada siklus 1 siswa yang mencapai KKM sebanyak 21 orang siswa atau sebesar 75%. Pada siklus 2 siswa yang mencapai KKM sebanyak 24 orang siswa atau sebesar 85%. Hal ini menunjukkan metode CIRC dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa.
Copyrights © 2024