Model pembelajaran ARIAS merupakan strategi yang dikembangkan dengan mengacu pada berbagai pendekatan pembelajaran yang diasumsikan mampu meningkatkan kualitas proses belajar mengajar. Pengembangan ini diharapkan dapat menantang para mahasiswa untuk menghasilkan sesuatu yang kreatif dan inovatif. Karenanya, disana-sini diperlukan gerilya pengajaran sastra dan perjuangan mati-matian untuk merombak model yang telah lekat dibenak para mahasiswa. Paling tidak, di ikhwal yang perlu ditanamkan pada mereka bahwa melalui model pembelajaran ARIAS ini, baik pengajar maupun mahasiswa, akan terusik untuk, menentukan informasi, mendialogkan, dan menciptakan karya sastra yang kreatif dan inovatif. Penelitian ini merupakan penelitian ranah kuantitatif yang bertujuan untuk menguji cobakan keefektifan sebuah model pembelajaran. Manfaat penelitian ini untuk menciptakan model pembelajaran ARIAS dalam menulis sastra yang kreatif dan inovatif. Untuk mencapai tujuan itu, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan atau Research and Development (RD) dari Gall danBorg(2003).Rancangan penelitian ini sangat tepat digunakan di bidang pengetahuan sosial dan bahasa karena bidang-bidang tersebut beradaptasi dengan berbagai tingkah laku manusia, pembelajaran bahasa, dan perilaku bahasa. Target khusus yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah terciptanya model pembelajaran ARIAS bagi mahasiswa Program Studi Bahasa Indonesia di berbagai universitas di kota Palembang dengan spesifikasi sebagai berikut: (1) tujuan pembelajaran sesuai dengan Kurikulum; (2) dapat dilakukan dengan atau tanpa dosen; dan (3) dapat mengembangkan keterampilan menulis yang kreatif dan inovatif bagi mahasiswa.
Copyrights © 2023