Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar
Vol. 2 No. 01 (2021): Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar

Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Dengan Teknik Pengembangan Kerangka Berpikir (Outline) Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia

Mukhlis, Septian (Unknown)
Barokah, Awalina (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2021

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis karangan deskripsi siswa. Siswa merasa kesulitan dalam menulis karangan, hal tersebut dapat terlihat dari ide gagasan, keruntutan kata, dan penulisan ejaan. Metode yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Adapun instrumen penelitian yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan tes dengan Subjek penelitian siswa kelas IV SDIT Nurul A’Raaf. Berdasarkan paparan data yang telah dilakukan terbukti bahwa teknik pengembangan kerangka karangan (outline) dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPGSD

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar published by the Universitas Pelita Bangsa. This journal publishes scientific papers that discuss the results of research studies and literature reviews as well as the latest issues and trends that occur in elementary school science studies. This journal is published ...