Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar
Vol. 4 No. 02 (2023): Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar

Analisis Gaya Belajar Siswa pada Pembelajaran Kurikulum Merdeka di Kelas V SD

Sutisna, Atang (Unknown)
Listriyani, Rinda (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2023

Abstract

Pada proses pembelajaran guru harus menerapkan gaya belajar dan media yang bervariasi karena setiap siswa memiliki gaya belajar yang berbeda-beda. tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk menganalisis bagaimana gaya belajar yang digunakan siswa pada pembelajaran kurikulum merdeka di kelas V SD Negeri 3 Sukarapih. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru, siswa serta orang tua siswa kelas V di SD NegeriĀ  3 Sukarapih. Terdapat 14 responden yakni 1 orang kepala sekolah, 1 orang guru kelas V, 6 orang siswa kelas V, dan 6 orang orang tua siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa kelas V memiliki kecenderungan pada salah satu gaya belajar yaitu gaya belajar kinestetik dengan sebaran hasil rata-rata presentase yaitu gaya belajar kinestetik (50%), gaya belajar visual (33%), dan gaya belajar auditorial (17%). Hal tersebut menunjukan bahwa siswa di kelas V SD Negeri 3 Sukarapih dalam pembelajaran kurikulum merdeka dominan pada gaya belajar kinestetik. Siswa lebih menggemari aktivitas yang berhubungan dengan gerak serta interaksi kelompok. Media yang digunakan yaitu media gerak berupa praktik atau eksperimen membuat kerajinan, menggambar, dan lain sebagainya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPGSD

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar published by the Universitas Pelita Bangsa. This journal publishes scientific papers that discuss the results of research studies and literature reviews as well as the latest issues and trends that occur in elementary school science studies. This journal is published ...