Penerapan Kurikulum Belajar Mandiri, pembelajaran berpusat pada siswa yaitu dengan memperhatikan kepribadian siswa, pengalaman, latar belakang, cara pandang, bakat, minat, kemampuan dan kebutuhannya untuk belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kendala apa saja yang dialami guru dalam proses pembelajaran siswa berdasarkan kurikulum mandiri. Metode penelitian dilakukan dengan cara studi pustaka. Metode penelitian ini adalah kajian literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa data mengenai kesulitan yang dialami guru terkait pelaksanaan penilaian dalam proses pembelajaran siswa (penilaian autentik), antara lain, (1) sebagian guru belum memahami apa yang dimaksud dengan penilaian autentik dan pengertian penilaian autentik. hal-hal yang berkaitan dengannya; (2) guru menganggap penilaian autentik terlalu rumit karena harus membuat rubrik dan mengubahnya menjadi nilai sebelum memasukkannya ke dalam raport siswa; (3) guru mengalami kesulitan dalam memilah dan membagi nilai jika rubrik penilaian memuat beberapa isi pelajaran; dan (4) belum adanya pelatihan yang dilakukan secara khusus untuk merencanakan pelaksanaan penilaian autentik, khususnya pembuatan rubrik dan LKS serta mengolahnya menjadi data nilai yang dikonversi.
Copyrights © 2023