Peningkatan kualitas pendidikan merupakan upaya yang harus dilakukan secara sistematis dan berkelanjutan. Dalam konteks ini, supervisi dan evaluasi program bimbingan dan konseling (BK) di sekolah memainkan peran penting. Latar belakang penelitian ini adalah perlunya supervisi dan evaluasi yang efektif untuk memastikan layanan BK yang berkualitas, yang mendukung perkembangan peserta didik secara optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan proses supervisi dan evaluasi layanan BK di sekolah dalam konteks kebijakan merdeka belajar. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara sebagai alat pengumpulan data. Narasumber utama penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling di SMA Negeri 1 OKU. Data utama diperoleh dari hasil wawancara, sementara data sekunder didapatkan dari artikel jurnal dan sumber internet yang relevan. Fokus wawancara adalah pada program layanan BK di sekolah, serta supervisi dan evaluasi yang dilakukan. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa supervisi yang efektif, yang melibatkan pengawasan, penilaian, dan pembinaan guru BK, sangat penting untuk meningkatkan kualitas layanan BK. Evaluasi yang sistematis mencakup proses, hasil, dan program secara keseluruhan, memungkinkan perbaikan dan pengembangan layanan yang berkelanjutan. Dukungan dari seluruh pemangku kepentingan di sekolah dan fasilitas yang memadai juga berperan penting dalam keberhasilan program BK. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pengembangan lebih lanjut dalam praktik supervisi dan evaluasi BK di sekolah.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024