Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Sejarah pada siswa Kelas X Akuntansi A SMK Negeri 7 Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap 1 orang guru sejarah, 10 orang siswa kelas X Akuntansi A, serta 1 orang guru tim kurikulum merdeka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran sejarah pada siswa kelas X Akuntansi A SMK Negeri 7 Pontianak sudah dilaksanakan, namun belum sempurna dan maksimal. Guru sejarah sudah menggunakan perencanaan pembelajaran sejarah berupa Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) yang disediakan oleh pemerintah akan tetapi di modifikasi menyesuaikan kondisi peserta didik. Guru sejarah juga sudah membuat Modul Ajar tetapi tidak membuat setiap pertemuan. Guru sudah melaksanakan pembelajaran sejarah walaupun belum sesuai dengan Modul Ajar yang dibuat. Guru juga sudah menerapkan Asesmen formatif akan tetapi belum menerapkan asesmen sumatif. Adapun hambatan dalam penelitian ini yaitu guru belum bisa menyusun modul ajar secara mandiri, sumber belajar sejarah yang digunakan masih minim, serta sarana dan prasaran yang belum menunjang pembelajaran sejarah.
Copyrights © 2023