Pemberian supervisi klinis pada guru dapat mempengaruhi peningkatan keterampilan dalam mendesain strategi pembelajaran. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui peningkatan penggunaan konsep-konsep supervisi klinis dalam meningkatkan profesi dan kemampuan guru dalam menerapkan strategi pembelajaran. Subjek penelitian adalah Guru-guru SMP Babul Istiqamah Tahun Pelajaran 2020/2021 berjumlah 20 orang guru dengan kemampuan disiplin ilmu yang bervariasi sesuai dengan jurusan yang di emban. Prosedur penelitian dilakukan dua siklus dengan persiapan perencanaan melakukan tindakan, pengamatan dan renungan. Hasil penelitian siklus I pertemuan ke 1 pengamatan aspek kompetensi inti 30 %, kompetensi dasar 35 %, Materi Ajar 35 %, Indikator, 35 % strategi pembelajaran 30% dan evaluasi 30%. Pertemuan ke 2 aspek kompetensi inti 30 %, kompetensi dasar 45 %, Materi Ajar 45 %,, Indikator, 45 %, strategi pembelajaran 45 %, dan evaluasi 45 %. Siklus II pertemuan ke 1 aspek kompetensi inti 55 %, kompetensi dasar 65 %, Materi Ajar 65 %,, Indikator, 65 %, strategi pembelajaran 65 %, dan evaluasi 55 %. Pertemuan ke 2 aspek kompetensi inti 80 %, kompetensi dasar 75 %, Materi Ajar 80 %,, Indikator, 75 %, strategi pembelajaran 80 %, dan evaluasi 75 %.
Copyrights © 2022