JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah
Vol 8, No 3 (2023): Juni, socio-economics, community law, cultural history and social issues

Peningkatan Hasil Belajar Daring Melalui Pemanfaatan Fitur Geogle Meet Di Sd Negeri 2 Kema

D. M Sumual*, Shelty (Unknown)
Wenda Rau, Deissy (Unknown)
Hou, Samsudin (Unknown)
N Tangkudung, Ernny (Unknown)
Paulus, Yunike (Unknown)
Dau, Sitti A (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Pentingnya pendidikan tidak dapat sepelehkan, karena mendapatkan peran terpenting dalam mempersiapkan individu untuk bersaing dan berhasil dalam komunitas lokal dan global mereka. Untuk mencapai tujuan tersebut, sangat penting untuk mengikuti dunia teknologi dan informasi yang terus berkembang. Kemajuan teknologi yang pesat telah merevolusi cara manusia hidup dan berinteraksi, menjadikan penggunaan teknologi sebagai gaya hidup bagi banyak orang. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan subyek penelitian para peserta didik di Kelas VI SD Negeri 2 Kema yang berjumlah 21 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2022/2023 di semester ganjil. Prosedur penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk siklus dengan menggunakan dengan tahap-tahap, yaitu : (1) perencanaan (2) pelaksanaan tindakan (3) pengumpulan dan analisis data atau pada metode lain dikenal sebagai tahapan observasi dan (4) refleksi. Peneliti melakukan analisis kurikulum untuk mengetahui kompetensi dasar yang akan dicapai peserta didik Kelas VI SD Negeri 2 Kema. Selain itu, perencanaan dilakukan dengan merancang desain perangkat pembelajaran yang berupa silabus, RPP, bahan ajar, media dan lembar penilaian afektif, kognitif, dan psikomotor. Pembelajaran pertama dilaksanakan pada semester 1 tahun 2022. Berdasarkan hasil pembahasan yang telah diuraikan, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan fitur google meet untuk mendukung pembelajaran daring dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik Hal ini bisa dilihat dari 21 peserta didik, 28 peserta didik sudah mencapai criteria ketuntasan yang telah ditetapkan yaitu 70 dengan persentase sebesar 88%. Berdasarkan hasil yang diperoleh dengan 2 siklus tindakan di atas, dapat dibuktikan bahwa penggunaan media google meet dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar daring peserta didik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sejarah

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

The journal publishes writings on (1) History Education; (2) History of Education; (3) Social Sciences; (4) Social Sciences Education; (5) Sociology Education; (6) Economi; (7) Social Economi; (8) Law, (9) History of Military; (10) Philosophy of History; (11) Historiography; (12) Humanities; (13) ...