Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana efektivitas media film Battle of Surabaya terhadap sikap nasionalisme peserta didik pada pembelajaran sejarah kelas XI SMA Kemala Bhayangkari 1 Kubu Raya. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan bentuk Quasi Eksperimental Design tipe Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian adalah peserta didik kelas XI IIS SMA Kemala Bhayangkari. Terdapat dua sampel pada penelitian, yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol yang diambil dengan teknik Probability Sampling jenis Simple Random Sampling. Data penelitian diperoleh melalui angket, observasi serta dokumentasi. Analisis dari perolehan data penelitian menggunakan uji regresi linear sederhana, uji T-Test independent dan uji effect size. Hasil dari penelitian menunjukkan, pertama sikap nasionalisme peserta didik sebelum menggunakan media film Battle of Surabaya sebenarnya sudah ada namun hanya sebagian dari enam indikator sudah dimiliki peserta didik dengan diperoleh hasil rata-rata Pretest kelas eksperimen sebesar 123.32, dan untuk Pretest kelas kontrol sebesar 109.25. Kedua, sikap nasionalisme peserta didik sesudah menggunakan media film Battle of Surabaya kelas eksperimen hasil rata-rata angket mengalami peningkatan Post Test sebesar 123.55 sedangkan untuk Post Test kelas kontrol sebesar 106.70. Ketiga, hasil uji hipotesis memakai T-Test independent didapatkan nilai signifikansi (sig.2 tailed) 0.000 0.05, maka diartikan penggunaan media film Battle of Surabaya efektif terhadap sikap nasionalisme dan berdasarkan perhitungan uji effect size sikap nasionalisme peserta didik menggunakan media film Battle of Surabaya adalah 1,132.
Copyrights © 2023