Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implikatur percakapan dalam pembelajaran siswa. Dalam hal bertutur tentunya akan ada beberapa aturan-aturan, terutama dalam lingkup pendidikan seperti di sekolah, dalam aspek keterampilan siswa diantaranya keterampilan berbicara merupakan objek kajian utama peneliti yakni dengan menganalisis hasil data percakapan siswa dengan melakukan pengambilan sampel data percakapan, dengan mengambil 2 kelas sebagai variabel penelitian, kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen (X) dan kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol (Y) . Setelah melalui hasil uji analisis data kuesioner terhadap kedua variabel menghasilkan analisis uji keputusan yakni , menggunakan analisis paired sample test atau uji berpasangan diantara kedua data variabel sehingga menghasilkan nilai signifikansi sejumlah 0,023 0,05 yang berarti H1 di terima sedangkan H0 di tolak sehingga dapat diambil kesimpulan berdasarkan hasil uji analisis data adanya pengaruh implikatur percakapan dalam pembelajaran siswa kelas X MIPA 3 UPT SMAN 12 Makassar.
Copyrights © 2023