JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah
Vol 8, No 4 (2023): Agustus, Social Religious, History of low, Social Econmic and Humanities

Pengaruh Implikatur Percakapan dalam Pembelajaran Siswa Kelas X MIPA 3 UPT SMAN 12 Makassar

Huzaeni*, AL (Unknown)
Rabiah, Sitti (Unknown)
Mazhud, Nurfathana (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implikatur percakapan dalam pembelajaran siswa. Dalam hal bertutur tentunya akan ada beberapa aturan-aturan, terutama dalam lingkup pendidikan seperti di sekolah, dalam aspek keterampilan siswa diantaranya keterampilan berbicara merupakan objek kajian utama peneliti yakni dengan menganalisis hasil data percakapan siswa dengan melakukan pengambilan sampel data percakapan, dengan mengambil 2 kelas sebagai variabel penelitian, kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen (X) dan kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol (Y) . Setelah melalui hasil uji analisis data kuesioner terhadap kedua variabel menghasilkan analisis uji keputusan yakni , menggunakan analisis paired sample test atau uji berpasangan diantara kedua data variabel sehingga menghasilkan nilai signifikansi sejumlah 0,023 0,05 yang berarti H1 di terima sedangkan H0 di tolak sehingga dapat diambil kesimpulan berdasarkan hasil uji analisis data adanya pengaruh implikatur percakapan dalam pembelajaran siswa kelas X MIPA 3 UPT SMAN 12 Makassar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sejarah

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

The journal publishes writings on (1) History Education; (2) History of Education; (3) Social Sciences; (4) Social Sciences Education; (5) Sociology Education; (6) Economi; (7) Social Economi; (8) Law, (9) History of Military; (10) Philosophy of History; (11) Historiography; (12) Humanities; (13) ...