JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah
Vol 8, No 2 (2023): April, Social and Religious Aspect in History, Economic Science and Law

Implementasi Pendidikan Nilai di SMP Islam Plus At Tohari Tuntang Kabupaten Semarang

Kusuma Putra*, Alif Jilham (Unknown)
Nursikin, Mukh (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan implementasi pendidikan nilai peserta didik serta mendiskripsikan dampak dari implementasi pendidikan nilai tersebut di SMP Islam Plus At Tohari Tuntang, Kabupaten Semarang. Penelitian ini menggunakan penelitian berjenis kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara melalui kehadiran peneliti di lapangan, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan peneliti, yakni dengan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1. Implementasi Pendidikan nilai di SMP Islam Plus At Tohari melalui pembiasaan kedisiplinan, keteladanan, serta kegiatan yang telah terjadwal seperti: sholat sunah dhuha dan sholat wajib berjamaah, gerakan membaca buku di kelas setiap senin setelah upacara, wajib pramuka setiap jum’at, kegiatan tutor sebaya, dan membaca asma’ul husna serta surat pendek setiap sebelum memulai pembelajaran. 2. Dampak dari implementasi nilai pada peserta didik di SMP Islam Plus At Tohari Tuntang yaitu: ketaatan peserta didik dalam menjalankan setiap program kegiatan sekolah, membentuk karakter mulia peserta didik yang diiringi pengetahuan agama maupun umum.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sejarah

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

The journal publishes writings on (1) History Education; (2) History of Education; (3) Social Sciences; (4) Social Sciences Education; (5) Sociology Education; (6) Economi; (7) Social Economi; (8) Law, (9) History of Military; (10) Philosophy of History; (11) Historiography; (12) Humanities; (13) ...