Jurnal Dunia Pendidikan
Vol 4 No 1 (2023): Jurnal Dunia Pendidikan

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Realistic Mathematics Education Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMK Abdi Negara Binjai

Vicky Herdiyanti (Universitas Islam Sumatera Utara)
Metrilitna Br Sembiring (Universitas Islam Sumatera Utara)
Isnaini Halimah Rambe (Universitas Islam Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengembangan bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Realistic Mathematic Education untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMK Abdi Negara Binjai. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menilai kevalidan, keefektifan dan kepraktisan LKPD; (2) Melihat peningkatan siswa setelah menggunakan LKPD berbasis RME. Penelitian ini adalah penelitian Pengembangan, yang menggunakan model Research and Development (R&D) dengan lima tahapan, yaitu: analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Hasil dari penelitian pengembangan LKPD berbasis Realistic Mathematics Education untuk meningkatkan minat belajar siswa di SMK Abdi Negara Binjai memenuhi kriteria valid berdasarkan hasil dari penilaian 4 orang validator dengan skor rata-rata 3,72 pada kategori valid. Praktis diperoleh dengan angket respon siswa yang terdiri dari aspek materi, bahasa dan kemenarikan yang mendapat skor rata-rata 3,99 pada kategori praktis. Keefektifan diperoleh melalui ketuntasan belajar siswa dengan skor rata-rata 86% dan pada kategori efektif. Peningkatan minat belajar siswa diperoleh melalui angket minat belajar yang terdiri dari aspek kemenarikan, penerimaan, keterlibatan dan perasaan senang dengan standart N-gain sebesar 1,2 dengan kategori tinggi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JURDIP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Dunia Pendidikan adalah jurnal penelitian peer review akses terbuka yang diterbitkan oleh LPPM Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna. Jurnal Dunia Pendidikan menyediakan platform yang menyambut dan mengakui makalah penelitian empiris asli tentang pendidikan yang ditulis oleh ...