Jurnal Dunia Pendidikan
Vol 4 No 1 (2023): Jurnal Dunia Pendidikan

Analisis Kemampuan Representasi Peserta Didik SMA Ditinjau dari Level Teori Van Hiele pada Pembelajaran Kurikulum Merdeka

Moh. Rikza Muqtada (Universitas Tidar)
Dea Santika Rahayu (Universitas Tidar)



Article Info

Publish Date
06 Nov 2023

Abstract

Salah satu standar proses dalam pendidikan matematika adalah kemampuan representasi. Kemampuan representasi yaitu kemampuan yang berkaitan dengan pembuatan simbol, tabel, diagram atau lainnya serta penggunaannya sebagai usaha untuk menyampaikan komunikasi ide matematis. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan kemampuan representasi peserta didik tingkat SMA berdasarkan level teori Van Hiele pada pembelajaran kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Salaman. Subjek penelitian adalah peserta didik fase F. Hasil penelitian ini yaitu: (1) peserta didik SMAN 1 Salaman fase F memiliki level berfikir geometris yang berbeda; (2) Subjek kemampuan tingkat berfikir level 0 (Pre-Visualization) tidak menunjukkan indikator representasi matematis; (3) Subjek kemampuan tingkat berfikir level 1 (Visualization) mempunyai kemampuan representasi visual dan simbolik namun masih lemah; (4) Subjek kemampuan tingkat berfikir level 2 (Analysis) mempunyai kemampuan representasi visual, simbolik dan verbal namun masih lemah; (5) Subjek kemampuan tingkat berfikir level 3 (Ordering) mempunyai kemampuan representasi visual, simbolik dan verbal yang cukup baik; (6) Subjek kemampuan tingkat berfikir level 5 (Rigor) mempunyai kemampuan representasi visual, simbolik dan verbal yang baik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JURDIP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Dunia Pendidikan adalah jurnal penelitian peer review akses terbuka yang diterbitkan oleh LPPM Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna. Jurnal Dunia Pendidikan menyediakan platform yang menyambut dan mengakui makalah penelitian empiris asli tentang pendidikan yang ditulis oleh ...