Jurnal Dunia Pendidikan
Vol 4 No 3 (2024): Jurnal Dunia Pendidikan

Hubungan Motivasi Siswa Dan Kualitas Guru Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di SMP Negeri 2 Benai

Angel As (Universitas Riau, Riau, Indonesia)
Ramadi Ramadi (Universitas Riau, Riau, Indonesia)
Ardiah Juita (Universitas Riau, Riau, Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini timbul di latar belakangi oleh situasi belajar olahraga disekolah yang kurang serius dan semangat, Diantaranya siswa yang bermain-main Ketika pemanasan dan tentunya situasi tersebut tidak lepas dari keikut sertaan guru olahraga. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat hubungan antara variable motivasi belajar siswa dan kualitas guru terhadap variable terikat yaitu prestasi belajar siswa. Oleh sebab itu penelitian ini menggunakan metode korelasi kuantitatif dalam menganalisis data, Adapun data tersebut di analisis dengan bantuan program IBM SPSS Statistic versi 24 untuk windows. Dari analisis sederhana antara motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar mendapatkan Rhitung 0,450 > 0,396 berikutnya hubungan antara kualitas guru dengan prestasi belajar mendapatkan Rhitung 0,677 > 0,396 serta secara bersamaan variable motivasi belajar siswa dan kualitas guru dengan prestasi belajar memperoleh Rhitung sebesar 0,634 > 0,396 atau memiliki arti hubungan “Kuat”.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JURDIP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Dunia Pendidikan adalah jurnal penelitian peer review akses terbuka yang diterbitkan oleh LPPM Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna. Jurnal Dunia Pendidikan menyediakan platform yang menyambut dan mengakui makalah penelitian empiris asli tentang pendidikan yang ditulis oleh ...