SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan
Vol 8, No 2 (2024): June

Optimasi media sosial dan desain kemasan produk sebagai pendorong pertumbuhan usaha di Desa Kemang

Pebriani, Reny Aziatul (Unknown)
Yustini, Tien (Unknown)
Syafitri, Lili (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2024

Abstract

AbstrakDesa Kemang dipilih sebagai lokasi pengabdian karena potensi bisnis lokalnya dan potensi untuk mengembangkan infrastruktur digital yang dirasakan masih sangat kurang bahkan para pemilik usaha belum mengetahui cara penjualan dengan memanfaatkan media sosial dan membuat desain kemasan produk yang menarik. Mengatasi permasalahan tersebut maka pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan penerapan media sosial serta mendesain kemasan produk sebagai faktor pendorong pertumbuhan usaha di Desa Kemang. Pengabdian dilakukan melalui serangkaian kegiatan, termasuk workshop, pelatihan, dan konsultasi individu dengan pemilik usaha lokal yang meliputi survei terhadap pemilik usaha di Desa Kemang. Metode pelaksanaan meliputi penyampaian materi yang disampaikan mencakup strategi media sosial, desain kemasan produk, dan praktik terbaik dalam pemasaran digital. Evaluasi dilakukan melalui survei dan wawancara dengan peserta untuk mengukur peningkatan pemahaman dan keterampilan mereka. Hasil pengabdian menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan penerapan media sosial serta desain kemasan produk yang telah dipelajari oleh para pelaku usaha.Top of Form Kata kunci: media sosial; desain kemasan; pertumbuhan; usaha. AbstractKemang Village was chosen as the service location because of its local business potential to develop digital infrastructure which is still very lacking and business owners don't even know how to sell by utilizing social media and creating attractive product packaging designs. To overcome these problems, this service aims to increase the understanding and application of social media and design product packaging as a driving factor for business growth in Kemang Village. The service is carried out through a series of activities. The implementation method includes the delivery of material that includes social media strategy, product packaging design, and best practices in digital marketing. Evaluation is carried out through surveys and interviews. The results of the service show a significant increase in the understanding and application of social media and product packaging design that has been studied by business actors. Keywords: social media; packaging design; growth; business.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpmb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Control & Systems Engineering Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Environmental Science Health Professions Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Medicine & Pharmacology Nursing Public Health Social Sciences Other

Description

SELAPARANG : Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan merupakan jurnal yang mendiseminasikan setiap pemikiran dan ide gagasan atas hasil penelitian dan pemanfaatan teknologi untuk diimplementasikan kepada masyarakat mencakup ; (1). Bidang ilmu pengetahuan ; MIPA (Matematika, Fisika, Kimia, Biologi), ...