SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan
Vol 8, No 2 (2024): June

Pelatihan pemanfaatan teknologi artificial intelligence bagi guru sekolah dasar

Imelda Saluza (Universitas Indo Global Mandiri)
Evi Yulianti (Universitas Indo Global Mandiri)
Indah Pratiwi Putri (Universitas Indo Global Mandiri)
Dona Marcelina (Universitas Indo Global Mandiri)
Dewi Sartika (Universitas Indo Global Mandiri)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2024

Abstract

Abstrak Dalam melaksanakan proses pembelajaran, guru dituntut untuk dapat terus menerus melakukan pembelajaran yang adaptif dan up to date yang didukung teknologi canggih. Teknologi canggih yang sering digunakan adalah Artificial Intellegence. Berdasarkan hasil observasi dan diskusi tim pengabdian kepada masyarakat (PKM) dan kepala sekolah SD Negeri 13 Palembang belum pernah mendapatkan pengetahuan memanfaatkan AI untuk mendukung proses pembelajaran dalam hal pencarian materi dan bahan ajar, karenanya tim PKM dan mitra memutuskan untuk melakukan kegiatan pelatihan memanfaatkan AI dalam pembelajaran. Dalam pelaksanaannya dilakukan dengan menggunakan metode Participatory Action Research (PAR) dengan empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, evaluasi dan refleksi. Setelah kegiatan dilaksanakan dilakukan analisis dari proses evaluasi dan refleksi kegiatan. Hasil evaluasi menunjukkan rata-rata peserta pelatihan mengalami peningkatan pengetahuan dan keterampilan sebesar 68,9%. Sedangkan hasil refleksi menjelaskan faktor pendukung dan kendala pelaksanaan. Adapun faktor pendukung yaitu adanya antusias peserta, dukungan kepala sekolah dan layanan internet yang lancar. Sedangkan faktor kendala antara lain adalah terdapat guru yang tidak membawa laptop, ada guru yang hampir pensiun dan merasa kurang membutuhkan pelatihan serta guru yang lupa akun email. Kata kunci: pembelajaran; materi; bahan ajar; metode PAR. Abstract In carrying out the learning process, teachers are required to be able to continuously carry out adaptive and up-to-date learning supported by advanced technology. The advanced technology that is often used is Artificial Intelligence. The community service team (PKM) and the principal of SD Negeri 13 Palembang conducted observations and had discussions. Based on their findings, they decided to conduct training activities that use AI in learning because they had no prior experience using it to support the learning process in terms of finding resources and teaching materials. Planning, action, evaluation, and reflection are the four stages of the Participatory Action Research (PAR) methods that were used in its execution. Following the completion of the task, an analysis of the assessment procedure and a contemplation of the task are conducted. According to the evaluation data, the typical training participant saw a 68.9% improvement in knowledge and abilities. In the meantime, the reflection's findings clarify the implementation's enabling elements and challenges. Enthusiastic participation, the principal's encouragement, and reliable internet access are the supporting aspects. In the meanwhile, teachers who forget their email accounts, are nearing retirement and believe they don't need training, and don't bring laptops are all restrictive factors. Keywords: learning; materials; teaching materials; PAR methods.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpmb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Control & Systems Engineering Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Environmental Science Health Professions Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Medicine & Pharmacology Nursing Public Health Social Sciences Other

Description

SELAPARANG : Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan merupakan jurnal yang mendiseminasikan setiap pemikiran dan ide gagasan atas hasil penelitian dan pemanfaatan teknologi untuk diimplementasikan kepada masyarakat mencakup ; (1). Bidang ilmu pengetahuan ; MIPA (Matematika, Fisika, Kimia, Biologi), ...