Sekolah Dasar Negeri (SDN) merupakan sekolah formal-umum. materi pelajarannya lebih didominasi oleh materi umum sementara agama islam hanya 4 jam perminggu. Hal ini berimplikasi terhadap cara pandang siswa lebih pragmatis dan jauh dari nilai-nilai agama islam, termasuk dalam motivasi belajar. Oleh sebab itu, peneliti tertarik untuk mengkaji peran guru agama islam dalam memotivasi siswa SDN Larangan Badung 1 Palengaan Pamekasan. SDN tersebut merupakan salah satu SDN favorit dan Induk. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif dengan penyajian diskriptif. Pisau analisis penelitian ini menggunakan teori Harun Nasution tentang agama dan teori Watson tentang stimulus dan respon. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi SDN Larangan Badung 1 tidak terlepas dari peran guru agama Islam yang tidak kenal lebih memberikan motivasi. Keberhasilan motivasi yang dilakukannya ditunjukkan dengan semangat belajar siswa serta cara pandang siswa tentang belajar yang lebih terobsesi nilai-nilai agama islam. Kendati demikian, masih saja ada hambatan yang dihadapi oleh guru agama, sehingga dirinya perlu melakukan kerja sama dengan wali siswa agar ikut serta mengawasi prilaku siswa di rumah.
Copyrights © 2022