Keraton: Journal of History Education and Culture
Vol. 6 No. 1 (2024)

Nilai Kearifan Lokal Nengah Nyappur dalam Pencegahan Kasus Kriminalitas Anak di Kota Bandar Lampung

Deviana (Unknown)
Amelia, Mega Suci (Unknown)
Aris, Muhammad (Unknown)
Handayani, Risthy Puji (Unknown)
Aprilia, Anjelita Amanda (Unknown)
Sumargono (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2024

Abstract

Kasus kriminalitas anak terus meningkat di Kota Bandar Lampung setiap tahunya. Hal ini dapat mengancam generasi bangsa dan negara di masa yang akan datang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami lebih mendalam mengenai eksistensi kearifan lokal Nengah Nyappur yang dapat berperan dalam mencegah kasus kriminalitas anak. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskripsi argumentatif. Pengumpulan data dilakukan melalui studi kepustakaan dan wawancara mendalam dengan tokoh adat, pihak Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA), kepolisian, guru bimbingan konseling, dan masyarakat. Teknik analisis data menggunakan analisis tematik dan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai kearifan lokal Nengah Nyappur, seperti toleransi, sopan santun, dan kerja sama, memiliki peran signifikan dalam membentuk karakter anak dan mencegah keterlibatan mereka dalam aktivitas kriminal. Lingkungan yang mendukung dan penanaman nilai-nilai moral sejak dini melalui konsep Nengah Nyappur mampu menciptakan tatanan sosial yang harmonis. Kesimpulannya, implementasi kearifan lokal Nengah Nyappur dapat menjadi upaya dalam mencegah kasus kriminalitas anak di Kota Bandar Lampung, sejalan dengan tujuan penelitian untuk menciptakan lingkungan yang aman dan mendukung pertumbuhan positif anak-anak.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

keraton

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

Keraton: Journal of History Education and Culture Is a scientific journal that contains and disseminate the results of research, in-depth study, and the ideas or innovative work in the field of science and history education. The innovative work of the teachers and lecturers of the development of the ...