Artikel di JagoMipa: Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana pengaruh media pembelajaran video animasi terhadap pemahaman dan kemandirian siswa pada pelajaran IPA di SD Muhammadiyah 1 Bangkalan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh media pembelajaran video animasi terhadap pemahaman dan bagaimana kemandirian siswa kelas 3B di SD Muhammadiyah 1 Bangkalan. Penelitian ini dilakukan di sekolah dasar Muhammadiyah 1 Bangkalan, Kabupaten Bangkalan. Yang menjadi subjek siswa kelas tiga yang berjumlah 17 siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan dokumentasi. Berdasarkan output diperoleh sig 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan dalam penelitian ini dengan menggunakan media video animasidi kelas 3B SD Muhammadiyah 1 Bangkalan mengalami peningkatan. Adapun tekhnik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, test, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas dan uji paired simple T-Test. Berdasarkan hasil uji analisis hipotesis pada Uji Paired Samples Statistics pada terlihat bahwa hal ini dibuktikan dengan hasil test soal siswa mengenai perkembangan makhluk hidup yang diperoleh berdasarkan output yang telah diuji diperoleh deskripsi data terdapat rat-rata mean pre 5,82 sedangkan data post yakni 9,18. Sedangkan kemandirian berdasarkan output yang telah diuji diperoleh deskripsi data terdapat rata-rata mean pada 24,59 sedangkan data posttest yakni 34,18. Sehingga terdapat perbedaan pengaruh media pembelajaran video animasi terhadap pemahaman dan kemandirian siswa kelas 3b di SD Muhammadiyah 1 Bangkalan.
Copyrights © 2024