Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar siswa kelas VI SDK Boba. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa SDK Boba khususnya pada materi IPA. Penelitian ini merupakan jenis metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan melalui empat tahap yaitu; tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Subjek penelitian ini melibatkan kepala sekolah, guru wali kelas VI dan siswa kelas VI yang berjumlah 9 orang. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan tes kemampuan siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan presentase nilai rata-rata kemampuan siswa dan ketuntasan klasikal siswa sebesar 44,4% dari 77,1% dari kriteria baik menjadi 88,8% dari 84,7% kriteria sangat baik. Berdasarkan analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa implementasi media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SDK Boba.
Copyrights © 2024