Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI)
Vol. 4 No. 1 (2024): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 2024 (1)

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Wordwall pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD Negeri 34 Lubuklinggau

Larasati, Suci (Unknown)
Mandasari, Novianti (Unknown)
Hajani, Tri Juli (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menuntaskan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 34 Lubuklinggau dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning berbantuan media wordwall pada pembelajaran IPA. Jenis penelitian ini dengan menggunakan metode eksperimen semu, desain yang digunakan adalah one-group pretest-postest design. Tempat  dan  Waktu  penelitian  dilaksanakan  di  SD Negeri 34 Lubuklinggau Kecamatan Lubuklinggau Timur II Kota Lubuklinggau  dengan  waktu penelitian pada  semester genap. Populasi penelitian berjumlah 18 orang siswa kelas V SD Negeri 34 Lubuklinggau, sampel penelitian  menggunakan teknik sampling  jenuh. Teknik pengumpulan data  pre-test  dan  post-test dengan soal essay sebanyak 10 soal. Dari hasil analisis data menggunakan uji-Z dengan taraf signifikan α = 0,05 diperoleh bahwa Zhitung  >  Ztabel  (4,24  >  1,64),  sehingga  dapat  disimpulkan bahwa  terdapat  hasil belajar   IPA   siswa   kelas V SD Negeri Lubuklinggau dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning berbantuan media wordwall.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) dengan p-ISSN: 2797-2879 dan e-ISSN: 2797-2860 merupakan jurnal pendidikan dan pembelajaran yang menerbitkan artikel hasil kajian teori dan hasil penelitian dibidang pendidikan dan pembelajaran pada satuan pendidikan sekolah dasar, satuan ...