JURNAL CRANKSHAFT
Vol 7, No 2 (2024): Jurnal Crankshaft Vol.7 No.2 (2024)

Analisis Pembebanan Statis Roll Bar Chassis Mobil Hemat Energi

Radyantho, Kholiq Deliasgarin (Unknown)
Rahman, Shafera Maulana (Unknown)
Fadhillah, Muhammad Hakim (Unknown)
Arrizal, Daffa Akmalludin (Unknown)
Ramadhani, Sajri (Unknown)
Malau, Kevin Joshwadi (Unknown)
Hakiky, Rizal Muhammad (Unknown)
Wiratmoko, Eka Yoga (Unknown)
Aprillia, Happy (Unknown)
Sa’adiyah, Devy Setiorini (Unknown)
Djafar, Alfian (Unknown)
Haryono, Hadhimas Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2024

Abstract

Regulasi pembatasan emisi gas buang dari kendaraan bermotor mulai banyak diterapkan di banyak negara mendorong industri otomotif untuk beralih menggunakan teknologi yang ramah lingkungan, seperti mobil listrik. Pada penelitian ini analisis pembebanan dilakukan berdasarkan peraturan teknis Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2024 untuk mengetahui nilai tegangan, safety factor, dan defleksi pada chassis berbahan galvanized steel dan aluminium 6061 dengan pembebanan sebesar 700 N pada bagian roll hoop/roll bar. Simulasi menggunakan software CAD dengan metode finite element analysis (FEA). Pada chassis berbahan galvanized steel nilai tegangan maksimum 52,420 MPa dari batas yield strength 203,94 MPa, defleksi maksimumnya 0,461 mm, dan safety factor 3,6. Kemudian pada chassis berbahan aluminium 6061 nilai tegangan maksimum 54,410 MPa dari batas yield strength 227,52 MPa, defleksi maksimum nya 1,34 mm, dan nilai safety factor sebesar 4,2. 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cra

Publisher

Subject

Control & Systems Engineering Energy Engineering Materials Science & Nanotechnology Mechanical Engineering

Description

Jurnal ini merupakan sarana publikasi dan ajang berbagi karya riset dan pengembangannya di bidang teknologi. Jurnal Crankshaft terbit 2 kali dalam setahun, yaitu pada bulan Maret dan ...