Madani: Multidisciplinary Scientific Journal
Vol 1, No 12 (2024): Madani, Vol. 1 No. 12 2024

Mengubah Pikiran Irasional Siswa SMP/MTA Menggunakan Pendekatan Rebt

Nasution, Rabiah (Unknown)
Aulia, Dahlia (Unknown)
Arisni, Yenti (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2024

Abstract

Dunia pendidikan, Sekolah Menengah Pertama (SMP) merupakan pendidikan dimana ketakutan emosional tidak dapat dikendalikan dengan baik. Siswa terkadang merasa cemas karena takut untuk berbicara di depan umum atau di depan kelas dan tidak mampu menghadapi masalah atau masalah yang muncul secara pribadi di sekolah. Kecemasan merupakan salah satu gangguan emosional yang paling umum, ditandai dengan perubahan fisik seperti rasa takut, panik, mimpi buruk dan sebagainya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan REBT teknik yang bertujuan untuk men-dispute pemikiran negatif/irasional menjadi rasional. Pendekatan REBT memiliki tujuan untuk mengubah pandangan dan keyakinan irasional menjadi rasional, membantu mengubah sikap, cara berpikir dan persepsi. Teori ini dikembangkan berdasarkan hasil pengamatannya bahwa banyak anak yang tidak mencapai kemajuan karena dia tidak memiliki pemahaman yang tepat dalam hubungannya dengan peristiwa-peristiwa yang dialami. oleh karena itu konseling diharapkan mampu mengembangkan dan mencapai realisasi diri secara optimal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Salah satu yang dapat meningatkan keefektifan ialah layanan konseling Rasional Emotive Behavior Therapy menggunakan Peran guru bimbingan konseling di sekolah baik itu SMP/MTA sangat di butuhkan untuk membantu menyelesaikan masalah yang dialami oleh siswa menggunakan pendekatan REBT memisahkan antara pemikiran negatifnya/ irasionalnya menjadi rasional.

Copyrights © 2024