Journal of Classroom Action Research
Vol. 5 No. 4 (2023): November

Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa

Chausar Al Fasha (Unknown)
Ketut Sarjana (Unknown)
Junaidi (Unknown)
Nyoman Sridana (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh motivasi belajar terhadap hasi belajar matematika ditinjau dari gaya belajar visual, (2) pengaruh motivasi belajar terhadap hasi belajar matematika ditinjau dari gaya belajar auditorial, (3) pengaruh motivasi belajar terhadap hasi belajar matematika ditinjau dari gaya belajar kinestetik. Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas IX sebanyak 119 siswa . Dengan sampel menggunakan seluruh populasi sejumlah 119 siswa. Instrument dalam penelitian ini menggunakan angket yang berisi 25 pertanyaan dan soal tes yang berisi 4 pertanyaan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari gaya belajar visual siswa kelas IX memberikan pengaruh sebesar 21,3%, (2) terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari gaya belajar auditorial siswa kelas IX memberikan pengaruh sebesar 41,3%, dan (3) terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari gaya belajar kinestetik siswa kelas IX memberikan pengaruh sebesar 51,3%. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa ditinjau dari gaya belajar siswa kelas IX

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...