Penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar masih kurang optimal dimanfaatkan oleh guru. Penggunaan media dalam proses pembelajaran dapat menarik minat siswa dalam belajar yang nantinya akan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Salah satu media yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran adalah media permainan ular tangga berbasis kearifan lokal. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media permainan ular tangga berbasis kearifan lokal yang layak, praktis, dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas IV di SDN 42 Cakranegara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE yang terdiri atas 5 tahapan yaitu analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 42 Cakranegara sebanyak 21 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner (angket) dan tes. Hasil penelitian dan pengembangan media permainan ular tangga berbasis kearifan lokal berdasarkan aspek valid, praktis, dan efektif: a) Penilaian dari ahli media mendapat persentase sebesar 88% dengan kriteria sangat valid dan penilaian dari ahli materi mendapat persentase 82,8% dengan kriteria sangat valid. b) Hasil respon siswa pada uji coba kelompok kecil sebesar 93,6% dengan kriteria sangat praktis, respon siswa pada uji coba kelompok besar sebesar 95,2% dengan kriteria sangat praktis, dan respon guru sebesar 94% dengan kriteria sangat praktis. c) Hasil tes siswa memperoleh ketuntasan belajar klasikal sebesar 100% yang menunjukkan bahwa media dikategorikan sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas IV di SDN 42 Cakranegara. Berdasarkan hasil penelitian, dapat simpulkan bahwa media permainan ular tangga berbasis kearifan lokal sudah layak dari aspek valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas IV sekolah dasar.
Copyrights © 2024