Kesulitan belajar siswa dapat sukses dengan mengatasi berbagai kesulitan yang dihadapi oleh siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa kelas IV SDN 6 Ampenan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik populasi sampling, yaitu semua populasi dijadikan sampel sebanyak 20 orang siswa SDN 6 Ampenan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Dari hasil analisis data angket kesulitan belajar IPA siswa kelas IV SDN 6 Ampenan menunjukkan bahwa faktor penyebab kesulitan belajar siswa kelas IV di SDN 6 Ampenan berasal dari dua faktor penyebab yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Berdasarkan faktor internal dan faktor eksternal. Ada 16,73% siswa kesulitan belajarnya dengan kategori tidak sulit, sementara itu 43,73% siswa dengan kategori kurang sulit, 34,86% siswa dengan kategori sulit, dan hanya 6,57% siswa dengan kategori sangat sulit. Kesimpulan nya kesulitan belajar IPA siswa kelas IV SDN 6 Ampenan sebagian besar kurang mengalami kesulitan dan sedikit siswa yang mengalami kesulitan belajar IPA.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024