Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 11, No 2 (2023): Desember 2023

PENGEMBANGAN MEDIA AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SEKOLAH DASAR

Chairunnisa Chairunnisa (Universitas Negeri Jakarta)
Iva Sarifah (Universitas Negeri Jakarta)
Sutrisno Sutrisno (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2023

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk dan mengetahui kelayakan media pembelajaran dengan teknologi Augmented Reality berbasis android pada pembelajaran IPA kelas V SD materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya. Kegiatan penelitian dilakukan di SDN Menteng Atas 14, Jakarta. Metode penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (RD) dengan model pengembanga ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluate). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara  dan kuesioner  dan data dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman.  Responden yang terlibat pada penelitian dan pengembangan ini adalah  ahli materi, ahli media, ahli bahasa, dan peserta didik kelas V SDN Menteng Atas 14. Hasil validasi ahli yang dilakukan kepada tiga orang ahli memperoleh nilai rata-rata  94,67% yang  menunjukkan media termasuk dalam kategori sangat layak. Hasil dari uji coba tahap One to One sebesar 93%, tahap Small Group sebesar 91,6%, dan tahap Field Test sebesar 90%. Berdasarkan hasil analisis data, menunjukkan media media pembelajaran dengan teknologi Augmented Reality berbasis android merupakan produk yang sangat layak untuk digunakan oleh peserta didik kelas V SD sebagai media pembelajaran IPA.

Copyrights © 2023