Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 10 Satap Ketungau Tengah yang rendah. Penerapan Discovery Learning Model berbantuan LKS merupakan salah satu alternatif penelitian yang digunakan dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa tersebut. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan, peningkatan hasil belajar siswa, dan respon siswa terhadap Discovery Learning Model berbantuan LKS pada siswa di kelas VIII SMP Negeri 10 Satap Ketungau Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan bentuk penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 36 orang. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi, Lembar Kerja Siswa, soal tes, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Discovery Learning Model berbantuan LKS sangat baik sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa, peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan Discovery Learning Model berbantuan LKS sebesar 15,23 kategori baik sekali yaitu dari rata-rata nilai siswa 65,58 pada siklus I menjadi  80,81 pada siklus II, dan respon siswa terhadap penerapan Discovery Learning Model adalah positif dengan kategori baik Dengan demikian, penerapan Discovery Learning Model berbantuan LKS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Satap Ketungau Tengah pada materi bangun ruang. Kata Kunci: Hasil Belajar. Discovery Learning Model Berbantuan LKS
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024