Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahuipengaruh penggunaan alat peraga terhadap hasil belajar IPA kelas V SDN 11 Tanjung Batu. Metode penelitian yang digunakan dalam adalah metode eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 23 responden. Desain penelitian yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan data observasi, tes dan dokumentasi.Teknik analisis data melalui uji instrumen tes dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan alat peraga terbukti sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar pada siswa IPA kelas V SDN 11 Tanjung Batu. Dari pengolahan data diperoleh nilai rata-rata pretest 57,6 yang artinya belum tuntas dan nilai-nilai rata-rata posttest 75,7 yang artinya tuntas. Kemudian berdasarkan uji hipotesis diketahui thitung= 5,070 lebih besar dari ttabel=1,71714. Dengan demikian dapat dinyatakan hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Pengujian hipotesis membuktikan bahwa penerapan alat peraga berpengaruh terhadap hasil belajar IPA kelas VSDN 11 Tanjung Batu.
Copyrights © 2024