ELEMENTARY : Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar
Vol. 4 No. 2 (2024)

EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN CANVA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI MADRASAH DDI KALUKUANG

KARIM, SYAHRUNI (Unknown)
BAHAR, IRNAYANTI (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2024

Abstract

This research aims to increase motivation and learning outcomes in Biology science learning, ecosystem balance material in class VII at Madrasah Ibtidaiyah Kalukuang. This research method is included in the one shot case study where the researcher carries out the treatment once. The sample in this study was 20 students. The research results include; 1) student learning motivation can be seen from the distribution of student learning activities where after the post test or after treatment using Canva learning media there has been an increase of 84% from the previous 62.5%, 2) student learning outcomes in the pre test there are 7 students who have met teaching completion criteria and as many as 13 students did not meet the teaching completion criteria, while in the post test or after treatment using Canva media there were 16 students who met the teaching completion criteria and 4 students who did not. Based on the description of the results obtained above, it can be concluded that the learning media using the Canva application is effectively used as a medium for science learning at MI DDI Kalukuang. ABSTRAKPenelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada pembelajaran IPA Biologi materi keseimbangan ekosistem di kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah Kalukuang. Metode penelitian ini termasuk dalam one shot case study dimana peneliti mengadakan perlakuan sebanyak satu kali. Sampel pada penelitian ini sebanyak 20 orang siswa. Adapun hasil penelitian diantaranya yaitu; 1) motivasi belajar siswa dapat dilihat dari distribusi aktivitas belajar siswa dimana setelah post test atau setelah perlakuan menggunakan media pembelajaran canva mengalami peningkatan sebesar 84% dari sebelumnya sebesar 62,5%, 2) hasil belajar siswa pada pre test terdapat 7 siswa yang telah memenuhi kriteria ketuntasan mengajar dan sebanyak 13 siswa yang belum memenuhi kriteria ketuntasan mengajar, sedangkan pada post test atau setelah perlakuan menggunakan media canva terdapat 16 siswa yang telah memenuhi kriteria ketuntasan mengajar dan sebanyak 4 siswa yang belum memenuhi. Berdasarkan uraian perolehan hasil diatas dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran menggunakan aplikasi canva efektif digunakan sebagai media dalam pembelajaran IPA di MI DDI Kalukuang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

elementary

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan pendidikan ...