Jurnal Pengabdian Kolaborasi dan Inovasi IPTEKS
Vol. 2 No. 1 (2024): Februari

STRATEGI DIGITAL MARKETING DAN INOVASI PRODUK UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM MADU LEBAH KLANCENG (TRIGONA) DI OGAN KOMERING ULU

geng, Sugeng (Unknown)
Salsabilah, Choiriyah (Unknown)
Hardiansyah, Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Feb 2024

Abstract

Madu dari lebah klanceng merupakan inovasi peningkatan usaha micro kecil dan menengah (UMKM) bagi masyarakat.Pengembangan inovasi pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan keefektifan kinerja UMKM, meningkatkan branding produk, memudahkan promosi, serta pemasaran produk akun social media maupun e-commerce, terletak di Desa Lekis Rejo, Kecamatan Lubuk Raja, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan.Teknologi digital marketing sangat bermanfaat karena dapat mengembangkan usaha pada lingkup yang lebih luas,metode yang digunakan antara lain observasi sebagai pengamatan peningkatan UMKM.produksi inovasi logo kemasan serta desain packing yang menarik sebagai identitas produk, foto produk untuk proses penjualan marketing, pembuatan banner madu Lebah Klanceng dengan perajin kotak, dan pembuatan lokasi google maps.Produk madu lebah klanceng memiliki manfaat meningkatkan daya tahan tubuh serta pemesanan dapat dikirim keseluruh Indonesia melalui Instagram, Facebook, dan WhatsApp dengan ukuran 250 ml dan 150 ml.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPKI2

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Kolaborasi dan Inovasi IPTEKS (JPKI2) adalah jurnal nasional yang berisi hasil-hasil kegiatan pengabdian Kolaborasi dan Inovasi IPTEKS berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya Ekonomi, Hukum,Teknik, kedokteran, Pertanian, Keguruan dan Ilmu Pendidikan,Ilmu Sosial dan Ilmu ...