Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan Student Team Achievement Division sebagai model pembelajaran kooperatif dalam pengajaran bahasa Inggris pada siswa SMAN 3 Pangkep. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar bahasa inggris siswa kelas XII IPA 2 di SMAN 3 Pangkep. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XII IPA 2 semester ganjil SMAN 3 Pangkep Tahun Pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 31 orang dan objek penelitiannya adalah hasil belajar Bahasa Inggris. Data dukumpulkan dengan observasi, metode test and evaluation. Penelitian ini membahas tentang pemahaman model pembelajaran kooperatif tipe STAD, karakteristik model pembelajaran kooperatif tipe STAD, langkah-langkah model pembelajaran kooperatif tipe STAD, dan tahapan tahapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran bahasa inggris. Hasil penelitian ini menujukan bahwa persentase hasil belajar Bahasa Inggris siswa pada siklus I sebesar 62 % dengan katagori “Rendah” pada siklus II sebesar 88 % dengan katagori “Tinggi”. Peningkatan hasil belajar Bahasa Inggris dari siklus I ke Siklus II sebesar 26 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Tipe STAD dapat meningatkan hasil belajar Bahasa Inggris siswa kelas XII IPA 2 semester ganjil di SMAN 3 Pangkep
Copyrights © 2024