Jurnal Guru Pencerah Semesta (JGPS)
Vol 2 No 2 (2024): Jurnal Guru Pencerah Semesta (JGPS)

Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menyusun Struktur Teks Anekdot Melalui Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas X.TPL 3 UPT SMK Negeri 2 Pangkep

Rosmini (Unknown)
Utami, Riski (Unknown)
Ramadhan, Idham (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Feb 2024

Abstract

  Cahyo (2013:100) menjelaskan bahwa model pembelajaran penemuan (Discovery Learning) merupakan salah satu metode pembelajaran yang mana peserta didik mendapatkan pengetahuan baru yang sebelumnya belum diketahuinya serta tidak melalui pemberi tahuan, tetapi peserta didik menemukan sendiri.berdasarkan hal tersebut maka penulis tertarik membuat sebuah penelitian yang berjudul “Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menyusun Struktur Teks Anekdot Melalui Model Discovery Learning dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas X.TPL 3 UPT SMK Negeri 2 Pangkep.Jenis penelitian ini deskriptif kuantitatif dan kualitatif.pengelolaan data pada penelitian ini dilakukan di sekolah setelah terkumpulnya data, selanjutnya dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif untuk analisis secara kuantitatif digunakan analisis diskriptif yaitu skor rata-rata yang diperoleh dari hasil tes tiap siklus yang bertujuan untuk mengetahui tingkat penguasaan materi melalui penggambaran karakteristik distribusi nilai pencapaian hasil belajar menyusun struktur teks anekdot, dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe discovery learning.Hasil penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia melalui model discovery learning pada siswa kelas X.TPL 3 UPT SMK Negeri 2 Pangkep, dapat diperoleh bahwa: (1) Adanya peningkatan hasil belajar Bahasa indonesia siswa dari setiap siklus, dengan hasil 98% pada siklus I meningkat menjadi 99% pada siklus II. (2) Terjadinya peningkatan persentase kehadiran siswa, perhatian, minat, keaktifan, serta semangat belajar siswa dalam proses belajar mengajar.(3) Pembelajaran kooperatif selain meningkatkan hasil belajar juga dapat meningkatkan sifat kerjasama antara siswa, serta dapat menimbulkan rasa percaya diri untuk menyelesaikan soal yang diberikan. 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

gurupencerahsemesta

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Guru Pencerah Semesta atau disingkat JGPS merupakan wadah publikasi hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dikelola dalam lingkup Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Makassar melalui Unit Program Pemantapan Profesi Keguruan (P2K). Jurnal ilmiah ini ...