Jurnal Guru Pencerah Semesta (JGPS)
Vol 2 No 2 (2024): Jurnal Guru Pencerah Semesta (JGPS)

Pengaruh Model Pembelajaran DT-Cita Terhadap Hasil Belajar Anatomi-Fisiologi Siswa

Sriningsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini mengintegrasikan dua jenis model pembelajaran, yaitu: (1) model Pembelajaran ber-Diferensiasi, dan (2) model pembelajaran kooperatif type Team Individualization Assited (TAI), yang telah dikonversi menjadi Model Pembelajaran  type Cooperative  Individualization Team Assited (CITA). Integrasi kedua model pembelajaran tersebut menghasilkan Model Pembelajaran ber-Difrerensiation Type Cooperative  Individualization Team Assited yang disebut Model Pembelajaran DT-CITA. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan eksperimen, yaitu: penerapan Model Pembelajaran DT-CITA untuk mengetahui pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa. Penelitian menggunakan dua jenis subyek penelitian, yaitu Kelompok Eksperimen dan Kelompok Kontrol. Oleh karena itu, maka desain penelitian yang dipilih adalah: “only posttest control group desain” yaitu salah satu desain penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data adalah testing. Data dianalisis dengan teknik statistik, yaitu: statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh (positif) dan signifikan terhadap hasil belajar Anatomi-Fisiologi siswa, dan (2) tidak terdapat perbedaan hasil belajar Anatomi-Fisiologi diantara tiga preferensi gaya belajar siswa.  

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

gurupencerahsemesta

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Guru Pencerah Semesta atau disingkat JGPS merupakan wadah publikasi hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dikelola dalam lingkup Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Makassar melalui Unit Program Pemantapan Profesi Keguruan (P2K). Jurnal ilmiah ini ...