Penelitian ini mengintegrasikan dua jenis model pembelajaran, yaitu: (1) model Pembelajaran ber-Diferensiasi, dan (2) model pembelajaran kooperatif type Team Individualization Assited (TAI), yang telah dikonversi menjadi Model Pembelajaran type Cooperative Individualization Team Assited (CITA). Integrasi kedua model pembelajaran tersebut menghasilkan Model Pembelajaran ber-Difrerensiation Type Cooperative Individualization Team Assited yang disebut Model Pembelajaran DT-CITA. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan eksperimen, yaitu: penerapan Model Pembelajaran DT-CITA untuk mengetahui pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa. Penelitian menggunakan dua jenis subyek penelitian, yaitu Kelompok Eksperimen dan Kelompok Kontrol. Oleh karena itu, maka desain penelitian yang dipilih adalah: “only posttest control group desain” yaitu salah satu desain penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data adalah testing. Data dianalisis dengan teknik statistik, yaitu: statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh (positif) dan signifikan terhadap hasil belajar Anatomi-Fisiologi siswa, dan (2) tidak terdapat perbedaan hasil belajar Anatomi-Fisiologi diantara tiga preferensi gaya belajar siswa.
Copyrights © 2024