Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti
Vol. 10 No. 4 (2023)

PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN TPACK PADA PEMBELAJARAN IPA

Prapti Octavia Ningsih (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Nuraini Alkhasanah (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Yusrika Firda Isnaini (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Ikhsan Maulana (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Yulia Maftuhah Hidayati (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Anatri Desstya (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2023

Abstract

Model pembelajaran PJBL dan konsep TPACK serta penerapannya pada pembelajaran di sekolah akan memberikan dampak positif terhadap pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Dalam penerapannya guru belum terbiasamenggunakan metode ini tetapi terbiasa menggunakan pembelajaran tradisional student centered. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan PJBL dengan pendekatan TPACK dalam pembelajaran IPA kelas VI SD Negeri sidorejo 02. Dalam penerapan ini, guru berperan sebagai fasilitator dan pendamping siswa dalam menjalankan proyek, sementara siswa berperan sebagai pembelajar aktif yang mencari solusi atas tantangan yang diberikan. Dalam hal ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan jenis peneltian fenomenologi yang akan mendeskripsikan proses penerapan pembelajaran. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, pemberian tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunujukan bahwa penerapan Model Project Based Learning dengan pendekatan TPACK pada pembelajaran IPA di kelas VI SD Negeri Sidorejo 02 sudah berjalan dengan baik dan sesuai dengan visi misi sekolah. Dampak yang positifnya adalah pembelajaran semakin menarik, meningkatkan prestasi akademik maupun non akademik murid, pembelajaran tidak menjenuhkan, guru lebih kreatif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jil

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti merupakan salah satu jurnal yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Ruang lingkup dan fokus publikasi pada bidang pendidikan, pembelajaran, media pembelajaran, TIK dalam pendidikan dan pembelajaran, manajemen pendidikan, pendidikan dasar, ...