Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti
Vol. 11 No. 2 (2024)

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS CERITA BERGAMBAR MELALUI PENDEKATAN ASSURE PADA PEMBELAJARAN MENULIS DI SEKOLAH DASAR

Tri Sulistyorini (Universitas Veteran Bangun Nusantara)
Mukti Widayati (Universitas Veteran Bangun Nusantara)
Nurnaningsih (Universitas Veteran Bangun Nusantara)



Article Info

Publish Date
05 May 2024

Abstract

Peneltian ini bertujuan (1) mendeskripsikan pengembangan bahan ajar berbasis cerita bergambar dengan pendekatan assure pada pembelajaran Bahasa Indonesia, (2) Mendeskripsikan Kelayakan, Kepraktisan dan Keefektifan bahan ajar berbasis cerita bergambar dengan pendekatan assure pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan prosedur pendekatan ASSURE yang melibatkan lima tahapan. Data dikumpulkan melalui angket dan observasi, kemudian divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Produk pengembangan tersebut divalidasi kelayakannya oleh ahli dengan persentase ketercapaian 87,05% (sangat layak). Validasi kepraktisan dilakukan melalui uji coba kelompok dan uji coba lapangan dengan persentase  skor tanggapan guru dan siswa yang sangat praktis. Data keefektifan bahan ajar diambil dari uji kompetensi, yang menunjukkan hasil yang baik pada kedua uji coba. Hasil ini mengindikasikan bahwa bahan ajar tersebut efektif untuk digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jil

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti merupakan salah satu jurnal yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Ruang lingkup dan fokus publikasi pada bidang pendidikan, pembelajaran, media pembelajaran, TIK dalam pendidikan dan pembelajaran, manajemen pendidikan, pendidikan dasar, ...