JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA)
Vol. 12 No. 1 (2024): JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA)

ETNOMATEMATIKA DALAM TENUN TROSO: KONTEKS PEMBELAJARAN UNTUK TRANSFORMASI GEOMETRI

Dewi Maisaroh (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Dian Permatasari (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi konsep geometri dalam motif tenun Troso dari Jepara sebagai potensi bahan ajar matematika di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan etnografi, melibatkan observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap batik Troso dari kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Analisis data menggunakan metode Miles dan Huberman (1992). Hasil penelitian menunjukkan bahwa motif-motif tenun Troso dapat dijadikan alat bantu pembelajaran geometri untuk siswa SMP. Motif-motif tersebut melibatkan konsep transformasi geometri seperti translasi, rotasi, refleksi, dan dilatasi. Setiap motif melibatkan konsep transformasi geometri tertentu, seperti translasi pada motif tenun bulu, rotasi pada motif tenun rewoven, dan refleksi pada motif tenun blanket. Eksplorasi sifat-sifat transformasi bisa dilakukan dengan memperhatikan motif-motif tersebut. Motif-motif kain tenun Troso memberikan kontribusi pada pemahaman siswa terhadap konsep-konsep transformasi geometri, sesuai dengan Kurikulum Merdeka kelas VII SMP/MTs.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

judika

Publisher

Subject

Education

Description

JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA) merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan Fakultas Pendidikan dan Ilmu Keguruan, Universitas Singaperbangsa Karawang. Konten jurnal meliputi tulisan hasil penelitian atau kajian teoretis pada bidang pendidikan secara umum. Jurnal ini terbit dua kali setahun. ...