Renjana Pendidikan Dasar
Vol 3 No 4 (2023): Edisi November 2023

IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA (IKM) DALAM PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SEKOLAH DASAR KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Yuniartining Tiyas (Universitas Hamzanwadi)
Habibuddin (Universitas Hamzanwadi)
Muchammad Triyanto (Universitas Hamzanwadi)
Dina Apriana (Universitas Hamzanwadi)
Muhammad Nazri (Universitas Hamzanwadi)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk: (1) mendeskripsikan bentuk pengetahuan dan pemahaman guru tentang kurikulum merdeka; (2) menganalisis implementasi kurikulum merdeka; (3) menjelaskan faktor pendukung dan penghambat implementasi kurikulum merdeka di SD Neheri 1 Selong dan SD Negeri 2 Lepak Timur. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif. Sumber data penelitian ini yaitu kepala sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles & Huberman terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian (1) guru belum terlalu memahami tentang Kurikulum Merdeka. (2) Implementasi Kuikulum Merdeka di SD Negeri 1 Selong berdeda dengan implementasi Kurikulum Merdeka di di SD Negeri 2 Lepak Timur. Implementasi Kurikulum Merdeka di SD Negeri 1 Selong sudah dilaksanakan karena sekolah tersebut terpilih sebagai sekolah pengggerak, sedangkan implementasi Kurikulum Merdeka di SD Negeri 2 Lepak Timur sudah mulai dilaksanakan pada kelas 1 dan kelas 4 dengan jalur mandiri belajar. (3) Faktor pendukung dalam implementasi Kurikulum Merdeka adalah Kemauan guru untuk belajar. faktor penghambat dalam implementasi Kurikulum Merdeka adalah kurangnya pemahaman guru terkait dengan implementasi Kurikulum Merdeka dan kurangnya media pembelajaran yang ada di sekolah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

renjana

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Renjana Pendidikan Dasar merupakan wadah publikasi artikel-artikel hasil penelitian mahasiswa dan kajian studi literatur dalam bidang pendidikan dasar. Bidang pendidikan dasar ini mencakup model pembelajaran pendidikan dasar, evaluasi pembelajaran pada pendidikan dasar, strategi pembelajaran, media ...