DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar
Vol 6, No 2 (2023): VOLUME 6, NUMBER 2, 2023

Pengembangan Bahan Ajar digital Interaktif Berbasis Inkuiri Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar

Sayyidah Kaamilah (Universitas Negeri Jakarta)
Herlina Usman (Universitas Negeri Jakarta)
Yofita Sari (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
11 Jan 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah bahan ajar digital interaktif berbasis inkuiri yang dapat membantu peserta didik memahami mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, terutama pada materi Pencernaan Makanan Pada Manusia. Penelitian ini menggunakan metode RD (Research And Development) dengan model pendekatan ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Teknik analisis data menggunakan hasil observasi, wawancara, dan kuesioner, serta teknik pengumpulan data dilakukan melalui uji one to one dan small group. Subjek penelitian ini melibatkan 30 peserta didik kelas V Sekolah Dasar. Validasi dilakukan oleh beberapa pakar, yaitu pakar media, pakar materi, dan pakar bahasa. Berdasarkan hasil penelitian, hasil uji validasi pakar media sebesar 87,72%, hasil uji validasi dari pakar materi mendapatkan rata-rata 89,90%, kemudian untuk pakar bahasa memperoleh rata-rata 89,25%. Sedangkan hasil uji  coba perorangan (one to one) sebesar 88,8% sehingga termasuk pada tingkatan baik, hasil uji  coba kelompok kecil (small group) sebesar 91% sehingga masuk kedalam tingkatan sangat baik, dan hasil uji lapangan (field  test). Dengan mempertimbangkan standar tersebut, pengembangan buku digital ini dapat dianggap pantas untuk dimanfaatkan dalam pengajaran IPA, terutama pada topik sistem pencernaan manusia.Kata Kunci: bahan ajar interaktif, pencernaan makanan pada manusia, dan inkuiri

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

didaktika

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar is an international, open access, multidisciplinary, double-blind peer-reviewed journal that is online publishes two times in a year. DIDAKTIKA distributes articles that relate to both meta-analysis (include systematical review) and research and their ...