JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School
Vol. 3 No. 2 (2022): Desember 2022

Uji Kelayakan Dan Praktikalitas Buku Cerita Elektronik Berbasis STEM Islami Pada Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah

Sulthon Masud (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya)
Kusnul Munfa'ati (Institut Agama Islam Uluwiyah Mojokerto)
Husni Abdillah (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya)
Nasrul Fuad Erfansyah (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya)
Kartika Metafisika (Sekolah Tinggi Agama Islam Taruna Surabaya)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan praktikalitas buku cerita elektronik berbasis STEM Islami pada Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini merupakan bagian dari evaluasi pada model ADDIE untuk mengetahui hasil validasi melalui uji kelayakan isi,bahasa, dan kegrafikaan oleh 3 orang validator ahli dan 6 prang validator praktisi, keterbacaan buku menggunakan tes rumpang, serta uji praktikalitas dilakukan di MI An Nur subyek penelitian berjumlah 26 siswa, dan MI Nurul Huda berjumlah 52 Siswa masing-masing Bunganan dari kelas 2 dan 3 melalui studi deskriptif kualitatif dengan metode observasi. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa buku caerita elektronik berbasis STEM Islami sangat valid dan memiliki tingkat keterbacaan mudah. Hasil uji praktikalitas menunjukkan bahwa buku cerita elektronik berbasis STEM Islami dapat diterapkan dalam pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jiees

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School adalah jurnal yang diterbitkan oleh Prodi PGMI FT IAI Al Khoziny Buduran Sidoarjo, terbitkan dua kali setahun pada periode Juni dan Desember sebagai wahana kajian penelitian ilmiah dalam pendidikan, pembelajaran, pengajaran, dan pengabdian ...