Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kebijakan merdeka belajar pada kurikulum pendidikan nonformal di PKBM Luthfillah, dampak implementasi merdeka belajar dan untuk menganalisis faktor penghambat implementasi kebijakan merdeka belajar pada kurikulum pendidikan nonformal di PKBM Luthfillah. Penelitian dilaksanakan menggunakan pendekatan kualititaf dengan subjek penelitian terdiri dari pengurus PKBM Luthfillah, para tutor dan peserta didik yang mengikuti pendidikan kesetaraan paket A, B dan C. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menentukan informan dilakukan dengan purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan langkah-langkah mulai kondensasi data, tampilan data, dan memverifikasi kesimpulan. Sedangkan untuk mengecek kebenaran data, peneliti lakukan dengan memperpanjang masa penelitian, melakukan pengamatan secara tekun, triangulasi, dan member check. Hasil penelitian bahwa secara kualitatif implementasi dari kebijakan merdeka belajar khususnya untuk kurikulum pendidikan nonformal yang diselenggarakan PKBM Luthfillah dapat dikatakan berhasil, walaupun masih ada sebagian tutor belum optimal dalam mengimplementasikan kebijakan merdeka belajar tersebut.
Copyrights © 2024