Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi
Vol. 9 No. 2 (2024): Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi

Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Kurikulum Pendidikan Nonformal Pada PKBM Luthfillah Palangka Ray

Syamsuri Syamsuri (Universitas Palangka Raya)
Saiffullah Darlan (Universitas Palangka Raya)
Kusnida Indrajaya (Universitas Palangka Raya)



Article Info

Publish Date
21 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kebijakan merdeka belajar pada kurikulum pendidikan nonformal di PKBM Luthfillah, dampak implementasi merdeka belajar dan untuk menganalisis faktor penghambat implementasi kebijakan merdeka belajar pada kurikulum pendidikan nonformal di PKBM Luthfillah. Penelitian dilaksanakan menggunakan pendekatan kualititaf dengan subjek penelitian terdiri dari pengurus PKBM Luthfillah, para tutor dan peserta didik yang mengikuti pendidikan kesetaraan paket A, B dan C. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menentukan informan dilakukan dengan purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan langkah-langkah mulai kondensasi data, tampilan data, dan memverifikasi kesimpulan. Sedangkan untuk mengecek kebenaran data, peneliti lakukan dengan memperpanjang masa penelitian, melakukan pengamatan secara tekun, triangulasi, dan member check. Hasil penelitian bahwa secara kualitatif implementasi dari kebijakan merdeka belajar khususnya untuk kurikulum pendidikan nonformal yang diselenggarakan PKBM Luthfillah dapat dikatakan berhasil, walaupun masih ada sebagian tutor belum optimal dalam mengimplementasikan kebijakan merdeka belajar tersebut.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

neraca

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

The publication of Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi indeed participates in disseminating the results of research and review of science and technology development conducted by lecturers and researchers especially from UM Palangkaraya and other universities. This edition contains eight articles ...