Proceedings Series of Educational Studies
2023: Seminar Nasional Teknologi Pendidikan

Implementasi Game-Based Learning Yang Inovatif dan Kreatif Untuk Menumbuhkan Semangat Belajar Bahasa Arab Siswa

Amrina Amrina (Unknown)
Putri Julia Ningsih (Unknown)
Adam Mudinillah (Unknown)
Tatis Malinda (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2024

Abstract

Pendidikan yang efektif merupakan tantangan yang terus berkembang di era digital. Para siswacenderung kehilangan minat mereka dalam proses pembelajaran konvensional. Dalam upaya untukmeningkatkan semangat belajar Bahasa Arab siswa, diperlukan pendekatan yang inovatif dankreatif. Salah satu pendekatan yang menjanjikan adalah penggunaan Game-Based Learning (GBL),di mana elemen permainan digunakan untuk meningkatkan proses pembelajaran. Penelitian inibertujuan untuk mengimplementasikan GBL yang inovatif dan kreatif dalam lingkunganpembelajaran untuk menumbuhkan semangat belajar siswa. Penelitian ini menggunakanpendekatan kuantitatif. Sebuah kelompok siswa diidentifikasi dan diberi tugas untuk memainkanpermainan interaktif yang dirancang khusus untuk materi pelajaran tertentu. Data dikumpulkanmelalui penyebaran angket dengan google form. Implementasi GBL yang inovatif dan kreatif padapenelitian ini menghasilkan peningkatan yang signifikan dalam semangat belajar Bahasa Arabsiswa. Mereka menunjukkan minat yang lebih tinggi, partisipasi yang aktif, dan motivasi yang kuatdalam pembelajaran. Tingkat pemahaman materi juga meningkat, sehingga terlihat adanyapeningkatan prestasi belajar siswa setelah implementasi, serta kemampuan siswa untukmenggunakan pengetahuan yang diperoleh dalam konteks nyata. Penggunaan GBL yang inovatifdan kreatif mampu membangkitkan semangat belajar Bahasa Arab siswa. Penelitian inimemberikan bukti bahwa pendekatan ini efektif dalam meningkatkan partisipasi, motivasi, danpemahaman siswa. Dengan demikian, GBL dapat menjadi alat yang berharga dalam meningkatkanefektivitas pendidikan di era digital saat ini. Diharapkan sekolah-sekolah dan pendidik dapat mempertimbangkan penggunaan Game-Based Learning sebagai pendekatan yang menarik dalam mengembangkan semangat dan motivasi belajar siswa. Penelitian lebih lanjut direkomendasikan untuk mengeksplorasi kemungkinan penerapan GBL di berbagai konteks pendidikan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pses

Publisher

Subject

Education

Description

The proceedings series Proceedings of Educational Study Seriesaims to publish proceedings from conferences on the theories and methods in fields of ...