Fluktuasi perkembangan teknologi menjadikan sumber daya manusia di tuntut agar mampu beradaptasi. Pendidikan yang tersturktur memiliki peran penting dalam menghadapi keadaan tersebut agar mampu menghasilkan sumber daya manusia yang cemerlang. Tidak hanya itu, tantangan juga lahir secara kompleks dalam dunia pendidikan dimana siswa membutuhkan kemampuan adaptasi lebih tinggi. . Penelitian ini melibatkan 130 santri di SMA IT Abu Bakar Boarding School Kulon Progo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan peer support dengan academic adjustment. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel non-probability sampling dengan metode accidental sampling. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini adalah skala peer support dikembangkan oleh Chen (2017) dan skala Student Adaptation to College (SACQ) dikembangkan oleh Baker dan Siryk ((1999). Dari hasil uji pearson correlation bivariate menggunakan SPSS 26 diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebeasar 0.000< 0.001, hal ini berarti terdapat korelasi yang signifikan antara variabel peer support dengan academic adjustment. Nilai r hitung (pearson correlations) untuk hubungan peer support dengan academic adjustment sebesar 0.599, maka hal ini menunjukkan terdapat hubungan peer support dengan academic adjustment dengan kategori sedang.
Copyrights © 2024