Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui nilai – nilai pendidikan karakter pada ekstrakurikuler panahan di MA ATQIA Bondowoso. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) manajemen ekstrakurikuler panahan di MA ATQIA Bondowoso terdiri dari empat tahapan yakni perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi. 2) Ektrakurikuler panahan di MA ATQIA Bondowoso dapat mendidik siswa untuk disiplin, sabar, tenang, berani, kerja keras, saling menghargai, tanggung jawab, dan patuh. 3) Faktor pendukung meliputi a) Pelatih yang profesional b) Semangat dan rasa ingin tahu yang tinggi. Faktor penghambat a) Kurangnya sarana dan prasarana b) sedikitnya waktu latihan. Pendidikan karakter pada ekstrakurikuler panahan di MA ATQIA Bondowoso diharapkan dapat memberikan pendidikan karakter dan mampu mencegah dan mengurangi dampak negatif teknologi. Penelitian ini memiliki keterbatasan ruang lingkup, sumber-sumber referensi, sehingga belum tentu mencakup semua literatur yang relevan. Penelitian ini menemukan bahwa ekstrakurikuler panahan dapat digunakan sebagai solusi untuk pendidikan karakter dalam menghadapi dampak negatif dari teknologi. Penelitian ini dapat dikembangkan sebagai referensi untuk meneliti tentang pendidikan karakter pada ekstrakurikuler panahan untuk mengurangi dampak negatif teknologi bagi generasi Z.
Copyrights © 2024