Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 2 (2024): Volume 7 No. 2 Tahun 2024

PENINGKATAN MENULIS TEKS PROSEDUR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 107405 TEMBUNG TAHUN AJARAN 2022/2023

Annisa, Annisa (Unknown)
Purba, Resperdiana (Unknown)
Simanungkalit, Amelia (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2024

Abstract

Rendahnya nilai siswa menulis teks prosedur di SD Negeri 107405 Tembung disebabkan kurangnya minat belajar, minimnya keterampilan menulis, maka sebagai guru harus dapat menggunakan model pembelajaran yang inovatif. Terkhususnya materi pelajaran  berbentuk praktek, seperti menulis teks prosedur.  Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Dalam penelitian PTK melalului beberapa tahapan, yaitu: mulai dari perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Selanjutnya tujuan penelitiannya mendiskripsikan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 107405 Tembung  dari  menulis teks prosedur dengan menggunakan model pembelajaran yang berbasis proyek. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi terhadap kegiatan pembelajaran di kelas dan hasil belajar siswa melalui tes menulis teks prosedur dan dianlisis secara kuantitatif dan kualitatif. Subyek penelitia, yaitu peserta didik kelas IV SD Negeri 107405 Tembung ada 30 orang. Hasil penelitian dapat diperoleh adanya peningkatan peserta didik dalam menulis teks prosedur dengan menggunakan model pembelajaran yang berbasis proyek, yaitu dengan adanya peningkatan hasil belajar dari siklus 1 masih 53%  dan siklus II naik menjadi 83%, berarti ada kenaikan 30%. Dengan demikian dapat disimpulkan model pembelajaran berbasis proyek dapat menaikan hasil belajar peserta didik dalam menulis teks prosedur di SD Negeri 107405 Tembung tahun pelajaran 2022/2023.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...