Penelitian ini berawal dari ditemukannya penggunaan metode pembelajaran IPA di Taman Kanak-kanak Sekolah Indonesa Mekah (SIM) yang dilaksanakan guru berbeda dengan teori yang seharusnya. Hal tersebut terjadi karena pandangan guru yang yang kurang paham tentang kegiatan ilmiah dan metode yang harus digunakan dengan tepat dan efektif dalam proses pembelajaran.Ada masalah yang terkait dengan manajemen pembelajaran yang perlu dicarikan solusinya.Oleh karena itu penting diteliti lebih mendalam melalui penelitian bersama anatara Sekolah Indonesia Mekkah (SIM) dengan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Bhakti Persada Majalaya Bandung Indonesia. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengungkap pandangan perilaku guru tentang pembelajaran IPA terutama dalam bentuk kegiatan dan metode yang digunakan, dan kesulitan yang dihadapi selama pelaksanaan pembelajaran sains di pendidikan Taman-kanak Sekolah Indonesia Makkah. Penelitian dalam penulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif dengan cara menggambarkan pandangan guru TK tentang pembelajaran IPA, bentuk kegiatan, metode yang digunakan, dan kesulitan yang dihadapi selama pelaksanaan pembelajaran IPA di sekolah. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa : Kegiatan pembelajaran sain di Taman Kanak-Kanak Sekolah Indonesia Mekkah di samping bersumber kepada Prosem, RPPM, RPPH juga ditambah dengan kreatifitas dan inisiatif guru dengan memilih metode demonstrasi, eksperimen, observasi dan tanya jawab serta memilih bahan dan alat pembelajaran secara spontasn yang sesuai dan terjangkau tetapi efektif menunjang keberhasilan pembelajarn.
Copyrights © 2022