Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 5 No. 2 (2022): Volume 5 Nomor 2 Desember Tahun 2022

PANDANGAN GURU TAMAN KANAK-KANAK TERHADAP PRAKTIK PEMBELAJARAN IPA DI TK SEKOLAH INDONESIA MAKKAH, ARAB SAUDI

R. Sinsin Rosyidin (Sekolah Indonesia Makkah)
A.Saeful Bahri (STAI Bhakti Persada Majalaya)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini berawal dari ditemukannya  penggunaan metode pembelajaran IPA di Taman  Kanak-kanak Sekolah Indonesa Mekah (SIM) yang dilaksanakan guru berbeda dengan teori yang seharusnya. Hal tersebut terjadi karena pandangan guru yang  yang kurang paham  tentang kegiatan ilmiah dan metode yang harus digunakan dengan tepat dan efektif dalam proses pembelajaran.Ada masalah yang terkait dengan manajemen pembelajaran yang perlu dicarikan solusinya.Oleh karena itu penting diteliti lebih mendalam melalui penelitian bersama anatara Sekolah Indonesia Mekkah (SIM) dengan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Bhakti Persada Majalaya Bandung Indonesia. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengungkap pandangan perilaku guru tentang pembelajaran IPA terutama dalam bentuk kegiatan dan metode yang digunakan, dan kesulitan yang dihadapi selama pelaksanaan pembelajaran sains di pendidikan Taman-kanak Sekolah Indonesia Makkah. Penelitian dalam penulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif  dan metode deskriptif dengan cara menggambarkan  pandangan guru TK tentang pembelajaran IPA, bentuk kegiatan, metode yang digunakan, dan kesulitan yang dihadapi selama pelaksanaan pembelajaran IPA di sekolah. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa : Kegiatan pembelajaran sain di Taman Kanak-Kanak Sekolah Indonesia Mekkah di samping bersumber kepada Prosem, RPPM, RPPH juga ditambah dengan kreatifitas dan inisiatif guru dengan memilih metode demonstrasi, eksperimen, observasi dan tanya jawab serta memilih bahan dan alat pembelajaran secara spontasn yang sesuai dan terjangkau tetapi efektif menunjang keberhasilan pembelajarn.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...